Integrasi Database, Integrasi Software dan Integrasi Middleware

Nama/NIM: I Wayan Cita Ekayana/1304505085
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi: Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah: Integrasi dan Migrasi Sistem
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Integrasi Database, Integrasi Software dan Integrasi Middleware

Integrasi Database

Integrasi Data meliputi kombinasi data yang berada pada sumber berbeda dan menyediakan user dengan tampilan terpadu untuk data-data tersebut. Proses ini menjadi sangat signifikan dalam beberapa situasi, yang mencakup domain komersial (saat 2 perusahaan harus menggabungkan database mereka) maupun secara ilmiah (mengkombinasikan hasil pencarian, misalnya dari repositori bioinformatik). Integrasi data muncul dengan frekuensi yang meningkat seperti volume dan kebutuhan untuk berbagi ledakan data yang ada. Dalam lingkaran manajemen, orang sering merujuk pada integrasi data sebagai “Enterprise Information Integration” (Informasi Integrasi Perusahaan) atau EII.

Sistem integrasi data biasanya disebut secara formal sebagai tripel GSM. G untuk global schema (skema global), S untuk set dari skema sumber yang heterogen, dan M untuk mapping (pemetaan) antara query dari sumber dan skema global. G dan S diekspresikan dalam bahasa alfabetis yang disusun oleh simbol untuk tiap hubungan respektifnya. Pemetaan M terdiri dari pernyataan antara query dari G dan query dari S. Saat user mengajukan query dari sistem data integrasi, mereka mengajukan query dari G dan pemetaannya kemudian menegaskan koneksi antara elemen di skema global dengan skema sumber.

 Contoh: Misalnya terdapat sebuah aplikasi web dimana user bisa mengquery bermacam informasi disebuah kota (seperti tingkat kriminalitas, cuaca, hotel, demografik, dll). Secara tradisional, informasi-informasi tersebut harus disimpan didalam sebuah database dengan sebuah skema. Tetapi, perusahaan akan melihat bahwa informasi semacam ini akan sulit dan mahal untuk didapatkan. Walaupun terdapat sumber untuk mengumpulkan data-datanya, masih dapat terjadi duplikasi data di dalam database kriminal, website cuaca, dan data sensus.
Menggunakan integrasi data sebagai solusinya, dengan mempertimbangkan sumber eksternal seperti tampilan material dari media skema virtual, dan hasilnya “integrasi data virtual”. Artinya, pengembang aplikasinya membangun sebuah skema virtual (skema yang termediasi) ke arah model jawaban yang paling mendekati keinginan user mereka. Selanjutnya, mereka mendesain “pembungkus” atau adapter untuk masing-masing sumber data, seperti database kriminal dan website cuaca. Adapter-adapter ini dapat dengan mudah merubah hasil dari query lokal (yang dikembalikan oleh masing-masing website atau database) kedalam bentuk yang mudah diproses untuk solusi integrasi data. Bila aplikasi-user query skema dimediasi, solusi data integrasi mengubah query ini ke dalam query yang sesuai sumber data masing-masing. Akhirnya, database virtual akan menggabungkan hasil dari querynya sebagai jawaban dari permintaan user tersebut.

Integrasi software

Integrasi software merupakan perangkat lunak untuk komputer pribadi yang menggabungkna fungsi yang paling umum digunakan oleh produktivitas program perangkat lunak dalam satu aplikasi. Integrasi software sebagian besar telah digunakan oleh suite kantor yang berfungsi penuh. Perkembangan awal PC sebelum GUI menjadi umum masih menggunakan teks dan dioperasikan dengan menggunakan tombol fungsi dan urutan tombol pengubah. Setiap program yang digunakan akan berbeda dengan penekanan tombol senghingga menyulitkan pengguna untuk menguasai lebih dari satu program. Sangat sulit melakukan pertukaran data antar program karena data diambil dari floppy disk, dengan keterbatasan ini maka vendor menciptakan multifungsi paket yang terintegrasi guna beralih ke program dan penyajian pengguna dengan antar muka yang lebih konsisten..

Contoh dari integrasi software salah satunya adadalah penggunaan aplikasi website. Dengan adanya sistem informasi berupa website. Masyarakat dengan mudah dapat mengaksesnya. Apalagi teknologi sekarang sudah banyak aplikasi yang berbasis android. Dengan adanya kemudahan ini, maka masyarakat yang membutuhkan informasi akan dengan mudah mendapatkan informasi yang diperlukan melalui komputer maupun handphone smartphone. Misalnya layanan jual beli barang online. Dengan adanya layanan ini, oarang yang memerlukan barang akan dengan mudah membelinya. Tidak perlu membuang-buang waktu untuk membelinya ke tempat tersebut.

 Integrasi middleware

Dalam pengertian yang paling umum, middleware adalah komputer perangkat lunak yang menyediakan layanan untuk aplikasi perangkat lunak di luar yang tersedia dari sistem operasi . Middleware dapat digambarkan sebagai “lem software”. Jadi middleware tidak jelas bagian dari sistem operasi , bukan sistem manajemen database , dan juga bukan bagian dari satu aplikasi perangkat lunak . Middleware memudahkan pengembang perangkat lunak untuk melakukan komunikasi dan input / output , sehingga mereka dapat fokus pada tujuan tertentu dari aplikasi mereka.

Istilah ini paling sering digunakan untuk perangkat lunak yang memungkinkan komunikasi dan pengelolaan data dalam aplikasi terdistribusi . Dalam middleware pengertian yang lebih spesifik dapat digambarkan sebagai “dasbor di ‘ client-server “.ObjectWeb mendefinisikan middleware sebagai: “Lapisan perangkat lunak yang terletak di antara sistem operasi . dan aplikasi pada setiap sisi dari sebuah sistem komputasi terdistribusi dalam jaringan Layanan yang dapat dianggap sebagai middleware termasuk enterprise integrasi aplikasi , integrasi data , pesan berorientasi middleware (MOM), broker objek permintaan (ORBs), dan layanan bus perusahaan (ESB).

Contoh dari Middleware

  • The Android sistem operasi menggunakan Linux kernel pada intinya, dan juga menyediakan kerangka aplikasi yang pengembang memasukkan ke dalam aplikasi mereka. Selain itu, Android menyediakan lapisan middleware termasuk perpustakaan yang menyediakan layanan seperti penyimpanan data, tampilan layar, multimedia, dan browsing web. Karena perpustakaan middleware yang dikompilasi ke bahasa mesin , layanan mengeksekusi cepat. Perpustakaan middleware juga menerapkan perangkat-spesifik fungsi, sehingga aplikasi dan kerangka aplikasi tidak perlu menyibukkan diri dengan variasi antara perangkat Android berbagai. Lapisan middleware Android juga berisi Dalvik mesin virtual dan inti Java aplikasi perpustakaan. [3]
  • Mesin permainan software seperti Gamebryo dan Renderware kadang-kadang digambarkan sebagai middleware, karena mereka menyediakan berbagai layanan untuk menyederhanakan pengembangan game.
  • Dalam teknologi simulasi, middleware umumnya digunakan dalam konteks arsitektur tingkat tinggi (HLA) yang berlaku untuk simulasi distribusi cukup banyak. Ini adalah lapisan perangkat lunak yang terletak di antara kode aplikasi dan infrastruktur run-time . Middleware umumnya terdiri dari fungsi perpustakaan, dan memungkinkan sejumlah aplikasi-simulasi atau HLA federates dalam terminologi-ke halaman fungsi-fungsi dari perpustakaan umum daripada menciptakan kembali mereka untuk setiap aplikasi.
  • Pengembang jaringan nirkabel dapat menggunakan middleware untuk memenuhi tantangan yang berkaitan dengan jaringan sensor nirkabel (WSN), atau teknologi WSN. Menerapkan aplikasi middleware memungkinkan WSN pengembang untuk mengintegrasikan sistem operasi dan perangkat keras dengan berbagai berbagai aplikasi yang saat ini tersedia. [4]
  • The QNX sistem operasi menawarkan middleware untuk menyediakan layanan multimedia untuk digunakan dalam mobil , pesawat , dan lingkungan lainnya.
  • Rumah platform multimedia (DVB-MHP) adalah sistem standar terbuka middleware dirancang oleh proyek DVB untuk televisi digital interaktif. PLTMH ini memungkinkan penerimaan dan pelaksanaan interaktif, aplikasi berbasis Java di televisi.
  • Universal Depan API , atau UHAPI, adalah sebuah antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk peralatan elektronik konsumen, yang diciptakan oleh Forum UHAPI. Tujuan UHAPI adalah untuk memungkinkan middleware standar untuk berjalan di audio / video streaming via platform API hardware-independen standar industri.
  • The Sound System Miles memberikan middleware driver perangkat lunak yang memungkinkan pengembang untuk membangun perangkat lunak yang bekerja dengan berbagai kartu suara yang berbeda, tanpa mengaitkannya dengan rincian dari setiap kartu.
  • Identifikasi frekuensi radio toolkit perangkat lunak yang tersedia middleware untuk menyaring data mentah berisik dan berlebihan.
  • Iland adalah middleware layanan berbasis didedikasikan untuk aplikasi real-time. Ini menawarkan dukungan rekonfigurasi deterministik dalam waktu dibatasi.

 Daftar Pustaka :

Dioputro. 2014. (“Middleware”). From (https://mgsdioputrapratama.wordpress.com/2014/11/24/middleware/). Diakses 1 Maret 2015.

Gayatri. 2012. (“Integrasi Data Dalam Basisdata”). From (https://gheagayatri.wordpress.com/2012/02/28/integrasi-data-dalam-basis-data/). Diakses 1 Maret 2015

Jestry_Ruth.”Integrasi Sistem Informasi”.26 Februari 2015. (https://jestryana.wordpress.com/2012/10/27/integrasi-sistem-informasi/) Diakses 2 Maret 2015.

Pratama, Eka. Februari 2014. “Smart City Beserta Cloud Computing”. Bandung : Informatika Bandung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s